Cara Mempercepat Kerja Otak

Jumat, 23 Juli 2010

Bagaimana caranya berkonsentrasi? Selain melatih fokus, Anda juga perlu energi yang memicu kinerja otak bekerja maksimal. Beberapa makanan ini dapat menjadi referensi untuk mempercepat kerja otak.



Kafein
Kafein dapat membuat Anda terjaga. Ia tidak dapat membuat Anda pintar dalam sekejap, tapi memberi energi yang membantu Anda fokus dan konsentrasi. Kafein dapat ditemukan di kopi, cokelat, minuman energi, dan beberapa obat.
Kafein memberikan efek terjaga dalam sekejap, sekalipun efeknya hanya sebentar. Tetap saja konsumsi kafein harus dibatasi karena dosis terlalu banyak membuat Anda gelisah dan tidak nyaman.

Gula
Gula dapat meningkatkan kewaspadaan. Ia adalah opsi utama sebagai energi untuk otak, tapi dalam bentuk glukosa yang dihasilkan dari karbohidrat dan gula yang dikonsumsi. Itulah kenapa segelas air gula dapat membri efek jangka pendek untuk menajamkan ingatan, proses berpikir, dan kemampuan mental.

Namun konsumsi gula terlalu banyak justru mengganggu kinerja memori, bersamaan dengan fungsi tubuh lain.

Sarapan Kaya Serat
Studi telah membuktikan sarapan terbukti meningkatkan kerja memori dan fokus. Pelajar yang sarapan menunjukkan prestasi signifikan daripada pelajar yang tidak sarapan.

Sarapan yang dianjurkan adalah yang kaya serat seperti roti gandum, jeruk, dan susu. Lagi-lagi hindari sarapan terlalu banyak atau tinggi kalori yang berakibat menghambat konsentrasi.



Ikan
Ikan adalah sumber protein dan Omega 3 yang mendorong pertumbuhan otak. Mengonsumsi jenis omega 3 dapat mencegah demensia, dan resiko stroke, keterbelakangan mental, dan berperan penting untuk menajamkan fungsi memori, terutama untuk usia lanjut.

Cokelat dan Kacang

Kacang dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan dan vitamin E, yang berkolerasi kuat untuk memerangi penuaan. Cokelat hitam juga kaya antioksidan dan mengandung stimultan seperti kafein, yang dapat menajamkan konsentrasi.
Konsumsi kacang dan cokelat hitam satu ons per hari untuk mendapat semua keuntungan. Tanpa kalori, lemak, atau gula.



Alpukat dan Roti Gandum
Semua organ dalam tubuh tergantung aliran darah, terutama otak dan jantung. Roti gandum dan alpukat bersifat mengurangi resiko gangguan jantung dan menurunkan level kolesterol. Fungsi ini dibutuhkan untuk melancarkan aliran darah ke otak, dan kinerja otak lebih maksimal.

0 Welcome to the cyber world:

Posting Komentar